Tips & Trick Bangun Sebelum Subuh

34669961_e71e2d297c_m.jpgAssalamu Alaikum. Kali ini kita akan membahas beberapa tips dan trick untuk mengatur jam tidur kita. Bangun pagi adalah kebiasaan yang sangat baik dan juga merupakan Sunnah Rasulullah SAW. Sistem hidup islam bermula dari selepas subuh, mengikuti perjalanan matahari, bukan perjalanan jam. Rasulullah bersabda “berpagi pagi itu barakah”. Sebab waktu itu jiwa, akal dan fisik kita belum letih. masih fresh, jadi sayang jika tidak digunakan sebaik baiknya. sebaik baik waktu bekerja adalah di waktu pagi ini.

Selain itu, Rasulullah juga bersabda, “Tidur selepas subuh itu akan mewarisi kepapaan”.

Agar kita mudah bangun pagi, maka waktu tidur kita harus diatur. Sebaik baik waktu bangun pagi adalah satu jam sebelum subuh. Saat itu kita masih sempat mandi, sholat tahajud, dan duduk di tikar sembahyang menunggu subuh.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trick utk memudahkan bangun sebelum subuh, sekaligus mengatur jam tidur menurut syariat islam.

Berdoa pada Tuhan, minta dibangunkan sebelum subuh Jangan tidur terlalu malam. usahakan tidur paling lambat jam 10 malam. Penuhi adab adab sebelum tidur. yaitu berwudhu, membaca 3 kul (al falaq, al ikhlas dan an-nas), membaca doa sebelum tidur, menghadap kiblat, miring diatas lambung kanan dll

Melakukan usaha lahiriah seperti memasang weker. Usahakan jumlahnya lebih dari satu dan diletakkan di tempat yang agak jauh, sehingga utk mematikannya kita harus berjalan terlebih dahulu.

Berusaha sekuat tenaga utk tidak tidur setelah subuh. jika kita tidur lagi, selain hukumnya makruh, jam biologis tubuh kita akan mengalami kekacauan . Saat kita mulai tidur, secara otomatis tubuh kita mengira ini adalah waktu malam. akibatnya, kita akan ngantuk di waktu ashar dan subuh berikutnya

Bertaubat. Perkara yang hendak kita lakukan adalah perkara yang baik, seandainya Tuhan tidak izinkan kita bangun saat itu berarti kita dianggap oleh Tuhan tidak layak untuk bangun sebelum subuh. Artinya ada dosa besar yang membuat kita ditolak oleh Tuhan. Kita mesti bertaubat sungguh2 agar Tuhan mengizinkan kita bangun dan dilayakkan untuk dapat beribadah malam.

 

sumber : Situs Orang lain 

7 responses to “Tips & Trick Bangun Sebelum Subuh

  1. hmm…ide yg bagus tdr sebelom jam 10??
    agak susah buat q soal na jam segitu baru ja siap kerja na
    untuk bangun mah soal paling gampang ga usa pake beker segala
    pan uda kwajiban kita dalam menjalankan solat?
    tp klo leh tau apa yg nulis ini bisa bangun pagi sebelom subuh?
    ato jangan 2 dgr azan malah narik slimut hikz….

  2. nah lo tau, mang firasat gw mengatakan klo ni orang yg nulis juga g pernah bangun subuh, malah bangun jam 8.

  3. makasih tipsnya kk, boleh si copas yaa… makasih

  4. aku mau comment ke dua orang pemberi komentar point ke 1 dan ke 2, kenapa sih kalian gak bisa menghargai orang yang mau bantu orang lain bangun subuh? Cobalah belajar menghargai orang lain yang berpendapat!!!
    Atau coba bandingkan, diri kalian sendiri dengan penulis blok ini, kalian udah ngasi apa ke pembaca???

  5. Saya setuju dengan Wahid……..
    Agus komarudin telah menyadarkan saya dengan tulisannya….
    Terutama pada bagian “seandainya Tuhan tidak izinkan kita bangun saat itu berarti kita dianggap oleh Tuhan tidak layak untuk bangun sebelum subuh. Artinya ada dosa besar yang membuat kita ditolak oleh Tuhan. Kita mesti bertaubat sungguh2 agar Tuhan mengizinkan kita bangun dan dilayakkan untuk dapat beribadah mala”
    Jujur sy termasuk org yg susah bangun subuh……Muncul pertanyaah dalam benak saya : Mungkinkah Tuhan mengangap sy tidak layak untuk bangun subuh…….

  6. Jam 10 malam udah harus tidur ??? Waduh susah nih. Aku kan pegawai swasta, pulang jam 5 sore. Maghrib, Dinner, Isya, masak cuman 2 jam-an bisa kongkow ma teman dan ngurus kehidupan pribadi ??

  7. terimakasih sarannya, dalam berpendapat ada pro dan kontra, itu hal yang biasa, bagi penulis bersabarlah dan teruslah berinovasi, bagi yang pro mari kita tingkatkan daya fiqir tentang pengaplikasian dan kajiannya dalam menghadapi saran orang lain, bagi yang kontra saya harap bukan ejekan yang diberikan tapi masukan meski pendapat bertolak belakang dengan anda saya harap yang terbaik dari saran-sarannya, terimakasih, mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan ..

Tinggalkan komentar