Just My Life

Berasal dari keluarga yang sederhana dan bahagia meskipun dari kecil hingga kini belum ada perubahan besar yang terjadi dikeluarga kami tidak membuat saya berdiam diri belajar dan bekerja adalah kegiatan yang saya jalani belajar sejak dari 28 agustus 1986 hingga kini tidak pernah berhenti, bekerja sejak dari tahun kelulusan 2005 seusai tamat sekolah SMK N 4 Jakarta Jurusan Konstruksi Bangunan.

Sejak sebelum kelulusan yang saya rasakan adalah bagaimana setelah lulus bekerja dimana ? dapat menghidupi keluargakah ? dapat membahagiakan adik-adikkah ? dll.

Semua terjadi sangat cepat berawal dari aktifnya saya di organisasi pramuka disekolah membuat karakter saya berubah total. Kritis, Berani, Imtaq, Sabar, Simpati, Rendah Hati dll telah meningkat drastis entah apa yang terjadi selama saya berorganisasikan pramuka semua berubah. Padahal yang saya harapkan dengan masuknya saya dipramuka dapat membuat fisik saya terlihat lebih menarik (Proporsional) karena berat dan tinggi saya kurang seimbang, minimal badan saya gemuk karena banyak push-up dan gerakan lainnya. ternyata saya mendapatkan lebih dari itu.

5 Bulan sebelum kelulusan saya memang terbiasa untuk menyapa bahkan mencium tangan para guru yang berpapasan dengan saya, Beliau adalah Bapak Wahidin Ganef, kedekatan kami kian hari kian akras, saat saya berada diruangan kantor sekolah karena untuk pengetikan proposal pramuka beliau ada diruangan yang sama, masing-masing kami sambil ngetik dan berbincang-bincang mengenai kepribadian dan latar belakang keluarga saya.

Hingga beliau mengatakan bahwa jika saya tidak ada kegiatan dirumah dianjurkan untuk tinggal disekolah dalam rangka mempelajari apa-apa yang bisa dipelajari. Listrik, Mesin Cuci, Komputer, Pengetikan, dll telah saya pelajari, memang tidak semua saya mampu menguasai minimal ada beberapa yang saya mengerti. saat itu detik-detik Ujian Nasional tahun 2005 dengan status anak bengkel saya menjadi sorotan teman-teman yang berbagai sikap.

Kelulusan tiba dan saya lulus dengan nilai cukup memuaskan, setelah lulus saya melakukan pembicaraan dengan beliau (Wahidin Ganef) pembicaraan kami adalah bagaimana kelanjutan saya setelah lulus sekolah, dengan terkejut keputusan yang beliau katakan adalah bahwa saya harus tetap belajar sampai benar-benar dianggap layak kerja di perusahaan manapun hingga perusahaan itu nantinya mementingkan saya dan menggaji dengan tinggi karena saya memiliki berbagai kemampuan.

Dengan berat saya meng”iya”kan ucapan beliau, padahal saya ingin sekali cepat-cepat kerja dan merasakan memberikan uang ke orang tua dan adik-adik saya, tapi tampaknya saya harus benar-benar bersabar . Guru Komputer di tempat kursus yang beliau miliki, standby di bengkel adalah menjadi aktifitas baru saya.

5 Bulan lamanya saya menjalani aktifitas seperti itu, hingga akhirnya tiba saya merasa cukup untuk mengembangkan sayap-sayap. sya meminta izin untuk bekerja di tempat lain kepada beliau dan dengan berat hati beliau mengizinkan. saya melamar di PT. DUNKINDO LESTARI (Dunkin Donut’s) dan saya lulus. 5 bulan berlalu kemungkinana kecil untuk naik pangkat dan lain-lain. akhirnya semua terjawab dengan kejenuhan dan cobaan yang saya lalui dengan ditelponnya saya oleh Pak Kusyana (Guru Listrik) bahwa saya mendapat kesempatan untuk tes beasiswa di UI. singkat cerita saya lulus tes tersebut, tapi yang menjadi kendala adalah jarak tempuh UI yang begitu jauh dari rumah saya yang beradai di Cakung. Akan tetapi program beasiswa tersebut tidak hanya UI yang dijadikan kampus para mahasiswa yang kurang lebih total kelulusannya mencapai ratusan, UNJ juga menjadi alternatif bagi calon mahasiswa yang dapat memilih kampus mana yang mereka pilih, untuk saya sendiri jelas saya memilih UNJ karena jarak yang menjadi bahan pertimbangan.

Program Beasiswa tersebut bernama D3 TKJ (Teknik Komputer Jaringan) yang bertujuan melatih para karyawan sekolah untuk dapat melatih kembali para pegawai sekolah lainnya. Syarat program ini adalah harus bekerja pada instansi yang mengirim. Karena SMK Negeri 4 Jakarta adalah instansi yang mengirim saya maka saya harus bekerja di SMK tersebut.

7 responses to “Just My Life

  1. hhmm…

  2. misi numpang lewat!!!hehehehehee,,

  3. orang gilaaa……….

  4. ini kehidupan nyata tentang dia…
    nga ada rekayasa, kalopun ada itu hanya kebetulan biasa…
    hihihihiii….

  5. kisah yang sangat dramatis tapi cukup membangun ,smoga kau sehat slalu.terus lah berjuang komenggg

  6. seru juga ya:)

  7. apsal sdh je?

Tinggalkan komentar